Mengenal Kalender Bangsa Maya

Sebagian besar suku maya mempunyai kalender yang singkat. Tzolk'in mempunyai kalender 260 hari dan Haab 365 hari. Kemudian keduanya digabungkan untuk membentuk "Calendar Round", sebuah siklus yang lamanya sekitar 52 tahun. Kemudian ditambahkan pula dengan sistem kalender venus. Dengan cara ini, lingkaran kalender akan cocok jika digunakan hanya untuk mengingat tanggal kelahiran, atau hari-hari besar keagamaan. Tapi bagaimana dengan merekam sejarah? Tidak ada cara untuk merekam penanggalan lebih dari 52 tahun. Mengingat kalender mereka adalah siklus jadi akan balik ke 0 tidak linier seperti kalender kita.

Bangsa maya akhirnya menemukan solusinya. Mereka menggunakan sebuah metode yang inovatif untuk mengembangkan kalender lingkaran 52 thn. Bangsa Maya menggunakan "Long Count" yang periodenya selama 5126 tahun. Menggunakan sistem ini membuat kalender menjadi akurat dan mampu memprediksi gerhana matahari, gerhana bulan, konjugasi planet jauh kedepan. Ingat hanya kejadian alam biasa yang mampu diprediksi layaknya kita memprediksi kapan gerhana bulan berikutnya. Tentunya penanggalan maya dengan perhitungan matematik yang hebat menjadikan penanggalan yang paling canggih pada masanya.

Jadi jika kita bandingkan dengan sistem kalender kita sekarang. Anggap kita menggunakan 2 buah kalender, satu kalender maya dan satunya kalender gregorian. Setiap hari yang dilalui akan menambah digit pada penanggalan misal sekarang 23, besok 24, lalu 25...dst. Begitu juga dengan kalender Maya. Waktu berjalan terus sampai 31 Desember 2008....besoknya? apa yg terjadi? 1 Januari 2009. Dan penanggalan maya berjalan terus, sementara penanggalan gregorian 2008 udah selesai. Ok lanjut terus... 20 Desember 2012, Besoknya? Gergorian 21 Des 2012.. penanggalan Maya 13.0.0.0.0.0 (lupa brp 0 nya). Ok lanjut besoknya lagi, Gregorian 22 Des 2012, maka penanggalan Maya?.... mentok! (ingat bentuk kalendernya lingkaran) makanya oleh bangsa maya disebut End Of Time. Tapi bukan apa yan g selama ini kita dengar... bahkan ada yang bilang, "end of time said mayans? It's New Years Eve acctualy. May be they will celebrate it like we did every once in a year". Bahkan para ahlipun masih berdebat apakah akan dilanjutkan ke 14.0.0.0.0... sampai 20.0.0.0.... kemudian reset ke 0.0.0.... atau setelah 13.0.0.0..... langsung reset ke 0.0.0.0.... Sekali lagi kalender maya ini berbentuk lingkaran mirip dengan pengukur jarak di mobil, setelah 999999 apa yang terjadi? 000000.

Para Arkeolog yang mempelajari kalender maya ini tidak pernah sekalipun menyebutkan kiamat, bencana atau apapun mengenai end of time kalender maya ini. Bahasa bangsa maya ini sulit untuk diterjemahkan, sebenarnya ada keterangan apa yang terjadi setelah 13.0.0.0.0.0 penanggalan maya atau 21-12-2012 penanggalan gregorian namun sulit diterjemahkan dan para ahli sangsi bahwa itu adalah sebuah bencana dll. Jadi akhirnya orang-orang bebas mengintrepertasi apa yang akan terjadi selanjutnya. Dan hal itu dimanfaatkan oleh orang-orang yang ingin mendapatkan keuntungan dengan cepat.

Saat 31 Desember 2008, kemudian esok harinya apa yg kita lakukan? Membuang kalender lama dan mengganti kalender baru 1 Januari 2009. Jadi apa yg akan terjadi saat 21-12-2012? Apapun yang terjadi, kematian bisa datang sebelumnya atau sesudahnya atau saat itu, tidak ada yang tahu. Lebih penting bagi kita mengisi hari-hari sekarang ini dan mempersiapkan diri menjemput maut kapan pun datangnya.