Klasifikasi Penampakan UFO

Beberapa Klasifikasi mengenai ciri-ciri bentuk kemunculan UFO pertama kali diuraikan oleh Dr J. Allen Hynek dalam bukunya "UFO Experience" (Aberlard-Schuman 1972). Berikut ini beberapa Kalsifikasi ciri-ciri penampakannya :

A. NL (nocturnal light)
Penampakan visual berupa obyek lampu terbang yang tidak dikenali pada waktu malam hari. Kelompok ini mendapat presentase 35-40 % dari semua laporan pemapakan UFO.

B. ND (nocturnal disc)
Penampakan visual benda terbang yang tak dikenali dalam bentuk sederhana yang memenuhi langit dimalam hari, biasanya muncul dalam bentuk titik cahaya dalam jumlah yang banyak di angkasa.

C. DD (daylight disc)
Bentuk visual UFO dapat dilihat dengan jelas bentuk-nya pada waktu siang hari.

D. Radar Cases
Obyek UFO yang terdeteksi oleh radar, namun belakangan ini, fenomena penampakan UFO yang terlebih dahulu terdeteksi oleh radar sangat jarang didapat.

E. Radar Visual Cases
Obyek UFO dapat dikenali oleh radar, baik titik letaknya maupun rekaman bentuk visualnya, namun laporan seperti sangat jarang terjadi. Menurut sumber yang ada, tercatat hanya 2 Benda asing yang berhasil teridentifikasi dengan radar jenis ini

F. Close Encounters of the first kind (CE1, CEI)
UFO terlihat sangat jelas bentuk visualnya karena terbang dalam keadaan rendah

G. Close Encounters of the second kind (CE2, CEII)
Merupakan suatu jejak yang tertinggal dari penampakan UFO,misalnya suatu tempat yang disinyalir merupakan pendaratan seuatu UFO karena dilihat dari bentuk struktur tanah yang membentuk suatu citra yang aneh atau suatu tempat dimana ditemukan seriphan-serpihan seperti sisa sebuah benda asing yang hancur.

H.Close Encounters of the third kind (CE3, CEIII)
Berupa laporan dari sesorang yang menceritakan dirinya pernah diculik oleh segerombolan makluk asing dan membawanya ke sebuah dimensi lain di alam semesta. Laporan model seperti ini telah banyak terjadi, yang kemudian muncul dengan berita yang mengundang banyak tanya bagi orang-orang yang membaca kisahnya. Di Indonesia pun kejadian penculikan yang dilakukan oleh Makluk Asing pernah terjadi sebelumnya.