Manfaat Feed dan RSS serta RSS Reader

Tujuan seseorang membuka suatu website adalah untuk mendapatkan informasi dari website tersebut. Namun, ketika anda membuka suatu website, selain informasi dari website tersebut terbuka, ikut pula terbuka banner, widget, header, footer, dan pernak pernik dari website tersebut yang mungkin anda kurang butuhkan dan ini akan semakin memperparah keadaan manakala kecepatan koneksi internet kita sedang lambat. Jadi bagaimana mengatasi masalah ini???


Manfaat Feed dan RSS serta RSS Reader
RSS reader merupakan solusi dari masalah jika terjadi kejadian seperti ini. RSS merupakan versi simple dari sebuah website yang hanya menampilkan konten atau isi dari website. tanpa banner, tanpa widget, tanpa header atau footer dari website yang sebenarnya anda tidak butuhkan. rss dapat dibaca melalui pembaca RSS atau RSS reader.

Sedangkan feed adalah suatu layanan yang disediakan oleh blog atau website. Kegunaan dari feed adalah mengumpulkan RSS atau versi simple dari suatu blog atau website yang tersedia, lalu mendistribusikannya kepada orang yang berlangganan feed tersebut. Jadi anda bisa mensubscribe atau mendaftarkan alamat feed tersebut ke RSS reader anda, lau setiap blog atau website tersebut memasukkan konten baru, feed tersebut akan mengirimkannya ke RSS reader anda.

RSS reader adalah aplikasi yang digunakan untuk membaca RSS daru sebuah website. Cara membaca RSS suatu website adalah, anda masukkan alamat feed website tersebut, lalu RSS akan mengambil RSS dari feed website tersebut. Setiap kali web tersebut di update, versi RSSnya akan disediakan oleh feed, dan akan diambil oleh RSS reader anda.


RSS ada dua tipe : desktop based, dan web based. tipe desktop based ini berupa aplikasi. Seperti MS word atau Browser. Anda perlu menginstallnya di desktop anda. Sedangan tipe web based, ini berupa website. web application. Anda tidak perlu menginstallnya, cukup buka browser anda, masuk ke alamatnya, dan sign up. masing – masing tipe memiliki kelebihan. Desktip based, anda dapat membacanya secara offline. Web based, anda tidak perlu repot menginstal aplikasi. data anda disimpan secara online, dan dapat anda akses dengan komputer mana pun.

Apa kegunaan semua teknologi ini? RSS, feed dan RSS reader ? keuntungannya apa? Ketiga teknologi ini memungkinkan anda membaca berita terbaru dari 20 blog atau website favorit anda dalam waktu sepuluh menit. loh kok bisa? ya, jika anda miliki sebuah RSS reader lalu daftarkan feed blog atau website favorit anda. Setiap kali website tersebut mengupdate kontennya, anda akan mendapatkannya! tidak perlu bolak – balik menyantroni blog kesayangan anda untuk mendapatkan konten terbaru darinya. Dan lagi, anda tidak perlu lagi memBookmark halaman website favorit anda. Wow! Sebuah inovasi yang memudahkan kegiatan anda berinternet bukan?