Arecibo Message dan Reply to Arecibo Message

Pada mulanya di Chilbolton, teleskop radio Arecibo tahun 1974 SETI mengirimkan sinyal berupa kode ke langit. Sinyal diarahkan ke star cluster M13 25.000 thn cahaya dari bumi. Sinyal tersebut terdiri dari 1679 pulse binary code ( 0 dan 1) dan dikirimkan pada frekuensi 2380MHz.

Pesan tersebut dikirim dalam 6 segmen. Bagian pertama berisi angka 1-10 ini dimaksudkan sebagai kunci untuk membaca kode jika ada yang menerima sinyal, bagian kedua berisi unsur-unsur yang membentuk mahluk hidup dibumi yaitu Hydrogen, Carbon, Nitrogen, Oxygen dan Phosphorus secara berurutan. Bagian ketiga menunjukan rumus gula dan DNA, bagian selanjutnya merupakan gambaran DNA manusia secara grafis (double helix) dan juga jumlah nukleotida dalam DNA kita.

Berikutnya adalah representasi dari bentuk manusia dan tinggi rata-rata manusia di bumi. Selanjutnya adalah gambaran mengenai tata surya kita dan posisi planet kita. Dan terakhir adalah gambaran alat pemancar sinyal itu sendiri dan diameternya.

Arecibo Message
Kemudian muncul crop circle formasi yang sama dengan kode yang dikirimkan thn 1974. Namun dengan beberapa perbedaan.

Reply to Arecibo Message
Pertama ada penambahan unsur silicon pada unsur pembentuk kehidupan di bumi, bentuk double helix yang berbeda dengan adanya penambahan lengkungan lalu jika pada pesan sebelumnya jumlah nukleotida pada DNA manusia adalah 4,293,917,614 pada crop circle ini jumlahnya menjadi 4,294,966,190.

 Reply to Arecibo Message
Pada gambar bentuk manusia pada pesan yang dikirimkan, bentuknya layaknya manusia normal namun pada crop circle ini bentuknya berbeda bagian kepalanya nampak lebih besar. Informasi tinggi rata-rata pun menjadi 3 feet 4 inch.

Dibawahnya dapat dilihat adanya perubahan dari diagram tata surya kita. Pada pesan yang dikirim bumi, planet ketiga dari matahari ditandai, kini pada formasi crop circle tidak hanya planet ketiga tp juga planet keempat dan kelima juga ditandai. Terakhir gambar teleskop radio sebagai alat transmisi sinyal telah berubah total menjadi sesuatu yg baru (ternyata gambar tersebut juga pernah muncul pada crop circle sebelumnya).

Banyak orang yang menyimpulkan berbagai macam mengenai crop circle arecibo ini, beberapa ada yang mengatakan itu adalah konspirasi pemerintah US, Hoax, dan tentunya juga kesimpulan bahwa crop circle tersebut adalah jawaban yang dikirim alien pada kita lengkap dengan informasi mengenai mereka.

Ada yang unik juga mengenai Arecibo reply message yaitu pada saat proyek pengiriman sinyal tersebut, gambaran sinyal yg akan dikirim dicetak untuk diumumkan ke massa. Namun tidak ada yang tahu bahwa gambar yg disebarkan tersebut merupakan mirror image dari yang asli. Hanya sedikit orang yang tahu mengenai hal tersebut, memang mirror image itu disengaja supaya kalau ada orang iseng dengan membalas message tsb tentutnya juga akan menyerupai mirror message jadi bisa diketahui apakah reply dari message adalah Hoax atau bukan.

Dan ternyata balasannya adalah serupa dengan yg asli, sama dengan yang dikirimkan oleh Arecibo ke angkasa. Bukan mirror message yang disebar ke khalayak umum.

Tapi yang membingungkan, seharusnya jika ada alien dengan kecerdasan tinggi diluar sana yang menerima pesan kita, maka seharusnya mereka tahu kalo kita mampu mengirim dan menerima sinyal gelombang radio. Tapi mengapa mereka memilih komunikasi dengan cara seperti ini?