Misteri Kebudayaan Precolombian

Precolombian adalah suatu peradaban asli amerika, sebelum datangnya bangsa eropa. Suku-suku yang masuk kategori ini contohnya adalah maya, inca, aztec, toltec dan lain - lain. Jika mesir kuno dikenal sebagai penghasil monumen yang hebat, dan china dikenal akan nilai budayanya yang kuat, maka bangsa precolombian dikenal dalam kemampuannya membuat kerajinan-kerajinan tangan (miniatur) yang bernilai seni tinggi, sangat mendetail, dan penuh misteri

Ini adalah beberapa peningalan mereka :


1. Misteri kota Tihuanaco

Tihuanaco
Tihuanaco adalah sebuah misteri yang benar-benar tidak dapat diungkapkan. Tihuanaco adalah sebuah kota yang terletak 13000 kaki di atas permukaan air. Ketinggian ini membuat kandungan oksigen di kota ini sangat tipis. Belum lagi tempatnya yang terisolisasi, yang membuat kita tidak dapat memahami pola pikir si pendiri kota. Namun bukan itu misterinya. Misterinya adalah, bukti-bukti yang ada memaksa para ahli untuk menyimpulkan bahwa tihuanaco ini adalah kota pelabuhan!!! Mereka menyimpulkan hal ini karena, sebuah pelabuhan yang sangat besar, cukup besar untuk menampung 100 kapal kayu bangsa eropa era 1500an, berdiri megah di kota ini.

Legenda bangsa inca menceritakan, bahwa kota ini dibangun oleh raksasa yang mengungsi karena tanah kelahiran mereka diluluh - lantahkan oleh banjir besar yang berlangsung selama 2 bulan. Bangunan - bangunan di kota ini tak kalah menakjubkan. Sama halnya dengan piramida giza, batu-batu yang menjadi bahan utamanya berbotot dalam kisaran ton. Dan fakta bahwa tambang terdekat dari kota ini berjarak 50 mil, di tempat yang juga sama terisolasinya, membuat para ahli yakin bahwa bangsa inca kuno pastilah sudah sangat maju, dan melihat besarnya usaha yang ditempuh, Tihuanaco pastilah kota yang sangat penting pada masanya. Sumber air terdekat, sebuah danau seluas 3200 mile bernama danau titicaca, juga menyimpan keanehan, dimana banyak ditemukan fosil-fosil hewan air asin di sana!! Ditemukan pula bukti-bukti bahwa nelayan dulu menjaring kuda laut dan kerang sebagai sumber makanan utamanya

2. Acambaro figurines

Acambaro figurines
Figurines semacam miniatur ini ditemukan pada tahun 1925 oleh Waldemar Julsrud. Di mana seperti yang anda lihat, sebgaian besar dari figurines-figurines ini menggambarkan sebuah dinosaurus. Acambaro sendiri adalah nama sebuah daerah di salah satu propisnsi mexico bernama Guanajuato. Pada tahun 1925, ditengah hujan Waldemar Jusrud, seorang denmark, sedang menginspeksi peternakan kudanya, saat sinar yang dipantulkan benda dari keramik ini menarik perhatiannya. Benda ini ditemukan tergelatak di sebuah jalan setapak.

Acambaro figurines

3. Hasil kerajinan tangan yang lain

Misteri Kebudayaan Precolombian
Jika anda mengidentifikasikan bahwa benda ini menggambarkan sebuah kadal, anda benar. Karena dinosaurus adalah kadal raksasa, dan para ahli sepakat bahwa benda ini lebih mirip dinosaurus ketimbang kadal. Bandingkan sendiri deh

Misteri Kebudayaan Precolombian
Misteri Kebudayaan Precolombian
Misteri Kebudayaan Precolombian
Dua gambar di atas, menurut saya pribadi menggambarkan sebuah naga yang memakan manusia, 2 kodok yang menggelindingkan roda, dan satu binatang lagi yang menurutku bentuknya aneh banget.

Misteri Kebudayaan Precolombian
Diantara penemuan yang paling aneh, para ahli sepakat inilah yang paling aneh, sekaligus paling indah. Benda ini menggambarkan sebuah mekanisme. Mengapa sebuah mekanisme?? Karena di benda ini dapat dilihat roda dan gerigi di dalamnya. Sampai di sini masalah malah menjadi semakin rumit. Kenapa?? Karena, tidak satupun dari peradaban zaman precolombian yang diidentifikasi telah memahami fungsi roda!! Logikanya, kalau mereka suda memahami fungsi roda, pasti bekas-bekas peninggalannya ada, dan bukti-bukti itulah yang sampai sekarang belum ditemukan.

Misteri Kebudayaan Precolombian
Misteri Kebudayaan Precolombian
Nah lo, gambar di atas malah lebih aneh lagi. Benda yang terbuat dari perunggu ini oleh pihak museum dipublikasikan sebagai sebuah alat perlengkapan ritual. Meskipun saya rasa kita bisa sepakat kalau akal sehat kita mengadakan bahwa ini adalah roda gigi.

yeti bigfoo
Kalau yang di atas ini adalah sebuah figurines dari emas, berukuran 2,6 kali 1,7 cm, yang diperkirakan dibuat pada medio tahun 100 sampai 800 ad. Dikarenakan bentuk tangannya, banyak yang berteori cukup gila, bahwa ini bukanlah penggambaran manusia, namun penggambaran yeti/bigfoot.